Senin, 01 April 2019

SHARING

1.      PEMBAHASAN TENTANG SHARING 



        Jaringan (Network)

Jaringan merupakan kumpulan komputer-komputer serta perangkat-perangkatlainnya, seperti scanner, printer, modem yang terhubung secara simultan oleh beberapa media perantara. Computer network atau jaringan komputer, dapat diartikan sebagai dua atau lebih komputer beserta perangkat-perangkat lain yang dihubungkan agar dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi, sehingga membantu menciptakan efisiensi dan optimasi dalam kerja. Bob Metcalfe, penemu Ethernet menyatakan bahwa derajat kekuatan dari jaringan komputer meningkat secara eksponensial seiring dengan penambahan jumlah komputer yang dihubungkan kepadanya. Selain itu, setiap komputer yang dihubungkan kesuatu jaringan dapat menggunakan jaringan tersebut sebagai suatu sumber daya (resource) sekaligus turut menambah derajat kekuatan sumber daya yang tersedia dalam jaringan baik dari segi nilai maupun keragamannya. Dengan demikian apa yang disumbangkan suatu komputer ketika dihubungkan kedalam suatu jaringan sesungguhnya berupa sumber daya(resource) yang dimilikinya. Resource ini dapat berupa kemampuan memproses, media penyimpanan, informasi, maupun berbagai perangkat pendukung lain seperti printer dan scanner.


Beberapa layanan yang umum dimanfaatkan dari sebuah jaringan computer diantaranya adalah:


File Sharing

File sharing atau berbagi file secara bersama-sama merupakan kegiatan yang paling umum dilakukan dalam jaringan komputer. Tanpa adanya jaringan komputer,setiap orang yang ingin membagi pakai atau memindahkan file dari harddisk suatu komputer ke komputer lainnya harus terlebih dahulu menyalin file tersebut ke dalam media penyimpanan portable seperti Flash Disk (FD) atau Compact Disk (CD), lalu membawa atau mengantarkan FD/CD berisi file tersebut ke komputer tujuan, dan menyalinnya ke komputer tersebut. Dengan adanya jaringan komputer, maka pemindahan file dari satu komputer ke lainnya dapat dilakukan lebih mudah karena user tidak harus memiliki akses fisik secara langsung terhadap sumber file jika ingin menyalin file dari suatu komputer tertentu. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah karena kedua komputer saling terhubung dan dapat mengakses media penyimpanan masing-masing.


Alat  dan Bahan


Alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah:

1.      Siapkan minimal 2 unit komputer (PC) 
       Fungsi: Sebagai piranti utama dalam melakukan file sharing


2.      2.   Kabel Straight dan 1 buah Hub / Switch

       Fungsi: Penghubung antara beberapa komputer agar bias terhubung










Langkah Praktikum


Di sini kami menggunakan satu buah PC sebagai Server yang akan di sharing Data/Folder. Dan kami menggunakan juga beberapa buah PC sebagai sebagai client. Untuk komputer server kami menggunakan system operasi Windows 8 dan pada komputer client kami menggunakan system operasi Windows 7 dan 8.

 

Berikut langkah-langkah praktikum :


1.        Kita harus masuk terlebih dahulu ke Explorer, karena kita akan memilih data yang akan kita sharing.





2.        Setelah itu kita pilih Folder atau file yang akan kita share,setelah siap memilihnya ,klik kanan di folder atau file yang dipilih, kemudian klik tulisan share with > advanced share. sebagai contoh saya akan share local disk D.



               

3.       Setalah itu akan muncul jendela properties,nah pada bagian ini kita pilih advanced sharing > centang kotak “share this folder” > share name (kita bebas memberi nama data yang akan kita share) > limit the number of simultaneous user to (maksimal user yang bisa join) > jika kita ingin membatasi hak akses user klik Permissions ( full control = akses penuh,change = dia bisa merubah data ,read = dia sebagai pembaca saja ) > Ok














4.        Adapun ciri-ciri dari folder yang telah disharing yaitu folder tersebut memiliki logo 2 orang,jika sudah ada logo 2 orang berarti kita telah berhasil melakukan sharing data.





5.       Berhasil deh……..














Untuk melihat apakah share data kita berhasil atau tidak,kita bisa melihatnya dengan cara masuk ke explore > network > nanti akan muncul beberapa computer yang sudah melakukan share data,computer yang saya gunakan sekarang ini namanya kadal > double klik “lihat hasilnya,kita telah berhasil melakukan share data.




               

               




KELEBIHAN DARI SHARING

·         Tidak perlu capek-capek berjalan kaki ketika ingin mengcopy data

·         Lebih cepat dan praktis

·         Lebih hemat biaya,karena tidak perlu membeli Flasdish atau semacamnya untuk copy data

KEKURANGAN DARI SHARING

·         Jika penataan kabelnya tidak rapi,akan terlihat jorok atau kurang rajin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar